Thursday, October 23, 2014

Filled Under: , , , , , , ,

Masjid Tsisdarakis di Athena

Share

Masjid Tsisdarakis di Athena - Yunani

Masjid Tsisdarakis (Yunani: Τζαμί Τσισδαράκη) adalah masjid Ottoman abad ke-18, sekarang berfungsi sebagai museum, di pusat kota Athena, Yunani. Masjid ini berdiri di depan stasiun Monastiraki.

Tsisdarakis adalah gubernur Athena di pertengahan abad kedelapan belas, yang membangun masjid ini pada 1759, menurut sebuah prasasti di masjid. Dia membawa pengaruh yang besar ke masjid ini dalam rupa beberapa kolom dari Kuil Olympian Zeus.

Dia melakukan pembangunan ini tanpa seizin Sultan, oleh karena itu, ia didenda dan diusir dari jabatannya. Menara masjid hancur setelah pecahnya Revolusi Yunani 1821.

Setelah kemerdekaan, masjid ini digunakan oleh tentara untuk berbagai keperluan, termasuk sebagai penjara dan barak. Pada tahun 1915, sebagian dari masjid ini dibangun kembali dan digunakan sebagai "Museum of Greek", sedangkan pada tahun 1923 kembali digubah menjadi "Seni Dekorasi Musium Nasional".

Sejak tahun 1959 menjadi "Museum Seni Tradisional Yunani". Koleksi tembikar keramik tetap berada di masjid sampai hari ini. Pada tahun 1981 bangunan rusak akibat gempa bumi dan diperbaiki.

1 comments:

  1. arsitekturnya menarik, tapi sayang sekarang menjadi museum

    ReplyDelete

Terimakasih untuk kesediaannya bertandang dan sekedar mencoretkan beberapa jejak makna di blog ini. Sekali lagi terimakasih. Mohon maaf jika kami belum bisa melakukan yang sebaliknya pada saudara-saudari semua.