Popular Posts

About Us

Majalah Islam dengan tag line Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat ini memiliki karakter media interaksi dalam membangun komunikasi >>

Arsip Blog

Keistimewaan-keistimewaan Manusia


Manusia selayaknyalah harus pandai–pandai bersyukur kepada Tuhan, karena Dia telah menciptakan kita dengan sangat istimewa. Berikut ini beberapa keistimewaan manusia sebagai makhluk Tuhan.

1. Makhluk paling mulia dan utama

Di antara makhluk ciptaan Allah SWT, manusia mendapat kedudukan tinggi. Ia merupakan makhluk yang paling mulia dan utama karena memilki unsur dan daya materi, yang memiliki jiwa dengan ciri-ciri berfikir, berakal.

“Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam, dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna” (Q.S:17:70)

2. Makhluk yang paling disuka

“Allah-lah yang menundukkan laut untukmu agar kapal-kapal dapat berlayar di atasnya dengan perintah-Nya, dan agar kamu dapat mencari sebagian karunia-Nya, dan agar kamu bersyukur “ (Q.S:45;12)

3. Makhluk yang paling cerdas

Manusia memiliki jiwa yang bersifat rohaniah, gaib, tidak dapat ditangkap dengan panca indera yang berbeda dengan makhluk lain, karena pada manusia terdapat daya berfikir, akal, nafsu, kalbu, yang kadang-kadang disebut dengan jiwa, ruh, soul mind , dan sebagainya.

“Dan diajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian Dia perlihatkan kepada para malaikat, seraya berfirman, “Sebutkan kepada-Ku nama semua (benda) ini, jika kamu yang benar!” (Q.S 2: 31)

“Mereka menjawab, “ Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui, Maha Bijaksana” (Q.S 2: 32)

Berkaitan dengan keutamaan manusia sebagai makhluk yang paling cerdas, dikarenakan Allah SWT mengkaruniakan kita akal/otak. Otak adalah organ intro untuk berpikir, belajar dan berinteraksi dengan dunia melalui persepsi dan tindakan.

Baru- baru ini para ilmuwan telah mampu mempelajari bagaimana otak membentuk jaringan saraf. Dimulai pada rahim dan seluruh kehidupan ini jaringan yang luas terus berkembang, beradaptasi, dan belajar, bahkan di usia tua, masih tumbuh neuron baru, meskipun dalam jumlah kecil. Stimulasi mental meningkatkan fungsi otak dan benar-benar melindungi terhadap penurunan kognitif, seperti halnya latihan fisik. Penurunan mental yang berat biasanya disebabkan oleh penyakit, sedangkan sebagian besar berkaitan dengan usia kerugian dalam memori atau keterampilan motorik semata-mata disebabkan aktivitas dan kurangnya latihan dan stimulasi mental. Dengan kata lain, gunakan atau hilang.

4. Makhluk yang paling baik

Selain sebagai makhluk yang paling sempurna manusia juga dijadikan Allah SWT sebgai makhluk yang memiliki keluhuran dan kemuliaan, lebih baik dari malaikat, lebih sempurna (kejadian fisiknya maupun rohaniahnya).

“Sungguh Kami telah mencipakan manusia, dalam bentuk yang sebaik-baiknya” (Q.S:95;4)

5. Khalifah

Setiap manusia menurut pandangan Islam adalah pemimpin, sesuai dengan tingkatannya masing-masing. Setiap pemimpin bertanggungjawab terhadap apa yang dipimpinnya, baik lahir maupun batin, di dunia maupun di akhirat.

Mengapa manusia ditunjuk sebagai khalifah di muka bumi? sebab manusia memiliki akal dan kalbu. Sebagai makhluk yang paling sempurna, manusia akan dimintai pertanggunjawaban terhadap amanah yang diberikan padanya untuk mengelola alam semesta bagi kesejahteraan semua makhluk.

“Dan Dia-lah yang menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah di bumi dan Dia mengangkat (derajat) sebagian kamu di atas yang lain, untuk mengujimu atas (karunia) yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu sangat cepat memberi hukuman dan sungguh Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang” (Q.S: 6;165).

Sumber:

1. Al-Qur’an
2. scribd.com/doc/51096274/Pengertian-Manusia-menurut-Ajaran-Islam-ltm-1
3. fi.edu/learn/brain/exercise.html.
< >
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih untuk kesediaannya bertandang dan sekedar mencoretkan beberapa jejak makna di blog ini. Sekali lagi terimakasih. Mohon maaf jika kami belum bisa melakukan yang sebaliknya pada saudara-saudari semua.

Get Update Article on FacebookX

Find Us on Facebook

Get Update Article on Google+X

Follow Us on Google+