Popular Posts

About Us

Majalah Islam dengan tag line Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat ini memiliki karakter media interaksi dalam membangun komunikasi >>

Arsip Blog

SMU Muhammadiyah 4





Bangunan Sekolah Berbalut Masjid


Muhammadiyah sebagai organisasi Islam besar di Indonesia memiliki andil cukup besar terhadap pendidikan anak bangsa. Ribuan sekolah yang dirilis Muhammadiyah sudah berada di seluruh pelosok negeri ini, salah satunya adalah Sekolah Muhammadiyah 04 di Kramatjati.

Menurut Ketua Majelis Dikdasmen PCM Kramatjati Noor Fajar SH.MH keberadaan sekolah Muhammadiyah banyak melahirkan generasi penerus berkualitas. Semua itu merupakan upaya keras Muhammadiyah untuk melahirkan generasi unggulan.

Menurut Noor, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramatjati termasuk salah satu Cabang Muhammadiyah paling tua di wilayah Jakarta. PCM Kramatjati berdiri tahun 1960-an, sebelumnya sebagai Ranting Muhammadiyah. Dalam penjelasannya lebih lanjut Noor mengungkapkan PCM saat ini mempunyai amal usaha sebagai penopang kegiatan organisasai tiga unit sekolah, yaitu SD Muhammadiyah 04 Cililitan, SMP Muhammadiyah 04 dan SMA Muhammadiyah 04 keduanya berlokasi di PCM Kramatjati.

Tak hanya sekolah, PCM Kramatjati ini juga memiliki Masjid Baiturrahmah yang cukup besar, megah dan representatif. Bahkan sekarang sedang dikembangkan Klinik Kesehatan dan Kantor Pembantu Bank Muamalat. Baik klinik maupun kantor bank untuk membantu para siswa dan masyarakat sekitar PCM berinteraksi untuk berobat dan kepereluan perbankan.

Noor mengisahkan, saat SD Muhammadiyah 04 didirikan, kondisinya sangat sederhana. Namun pada saat pembukaan, jumlah murid yang mendaftar cukup banyak. Akhirnya pada tahun 1973 didirikan SMA Muhammadiyah 04 pada lokasi yang sama, sehingga pada saat itu SD Muhammadiyah 04 dipindahkan ke Ranting Muhammadiyah Cililitan yang berlokasi di perkampungan penduduk. Kemudian pada tahun 1980-an didirikan SMP Muhammadiyah 04 di lokasi yang sama.

Lihat postingan mengenai Masjid Baiturrahman yang diceritakan di atas di postingan ini.
Saat ini, tambah Noor, jumlah murid SD Muhammadiyah 04 mengalami penurunan dari semula lebih dari 100 orang siswa, saat ini hanya 80 anak. Sebagian besar mereka dari keluarga tidak mampu atau dhuafa, ”Ini merupakan misi persyarikatan membantu mereka yang kurang mampu, sehingga dalam kegiatan sehari-hari dilakukan subsidi silang,” katanya.

Sedangkan unuk siswa SMP Muhammadiyah 04 sebelum PCM direnovasi tahun 1998 yang saat itu masih belum ada pesaing seperti SMP Negeri yang ada di sekitarnya, jumlah siswa cukup banyak mencapai 400 siswa, namun setelah berdiri SMP Negeri disekitar, jumlah siswa menurun tajam dan kini sekitar 250 siswa. Namun demikian, mereka masih tetap eksis dan berprestasi dalam berbagai kegiatan berhasil meraih juara dalam berbagai lomba, diwujudkan pada jumlah piala-piala yang terpampang di ruang kepala sekolah sebagai bukti keberhasilan mereka meraih prestasi di berbagai kejuaraan.

Selain kegiatan rutin, siswa juga mengikuti berbagai kegiatan ekstra kurikuler yang diterapkan PP. Muhammadiyah seperti Pandu HW, dan Tapak Suci yang pernah meraih kejuaran tingkat nasional. Sementara itu, SMA Muhammadiyah 04 pernah mencapai puncak rekor tertinggi jumlah siswanya mencapai 600 siswa, saat ini jumlah siswanya menurun sekitar 400-an siswa. Namun mereka tetap eksis dalam dunia pendidikan untuk tetap memacu prestasi akademik, bahkan pihak Diknas menawarkan SMA Muhammadiyah 04 ikut dalam pogram Sistim Kredit Semester ( SKS ) bagi siswa-siwinya, namun pihaknya belum siap sehingga dilimpahkan ke SMA Muhammadiyah 03 Kebayoran Baru yang rupanya lebih siap.

Meskipun siswanya cenderung turun jumlah siswanya, namun alumni dari SMA Muhammadiyah 04 cukup menunjukkan eksistensinya. Misalnya saja, Abdurakhim pernah menjadi Anggota DPRD DKI Jakarta, Kusnan pernah menjabat Walikota Jakarta Timur, dan sekarang menjadi Staf Ahli Mendagri, ”Masih banyak lagi alumnus-alumnus kita yang berhasil baik di pemerintahan maupun swasta/wiraswasta,” kata Noor.

Ke depan, Noor berharap PCM Kramatjati mampu membuka amal usaha baru untuk menopang aktivitas organisasi di samping sekolah, seperti Klinik Kesehatan yang diprioritaskan untuk membantu kesehatan siswa dan masyarakat umum, juga pelayanan perbankan kini sudah dibuka, ”Insya Allah akan dibuka Pelayanan Pemulasaraan Jenazah yang akan dilengkapi dengan Mobil Ambulan.

< >
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih untuk kesediaannya bertandang dan sekedar mencoretkan beberapa jejak makna di blog ini. Sekali lagi terimakasih. Mohon maaf jika kami belum bisa melakukan yang sebaliknya pada saudara-saudari semua.

Get Update Article on FacebookX

Find Us on Facebook

Get Update Article on Google+X

Follow Us on Google+