Popular Posts

About Us

Majalah Islam dengan tag line Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat ini memiliki karakter media interaksi dalam membangun komunikasi >>

Arsip Blog

Negeri sejuta masjid


Assalamualaikum wr. wb.

“NEGERI sejuta masjid”. Barangkali predikat itu pantas disandangkan pada negeri ini. Hampir di setiap provinsi, kabupaten, bahkan hingga tingkat RT/RW, masjid senantiasa hadir sebagai bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Kini masjid memang berdiri di mana-mana, dari yang kecil (mushala) hingga yang megah. Yang menjadi pertanyaan besar kemudian: sejauh manakah masjid telah teroptimalkan perannya bagi kepentingan umat?

Banyak contoh keberhasilan masjid yang bisa dijadikan rujukan dalam pemberdayaan umat. Mulai masjid yang berfokus pada pendidikan keagamaan, yang berkonsentrasi pada pengajian, majelis taklim, dan remaja masjid, hingga masjid yang secara umum mengoptimalkan fungsinya untuk berbagai kepentingan umat. Namun, yang juga penting adalah bagaimana masjid dapat dijadikan sebagai ujung tombak dalam pembinaan akhlak dan moral bangsa.

Tanpa bermaksud “membuka aib” atau bahkan membakar api dalam sekam, kenyataan yang belakangan ini terjadi di negeri ini memang sungguh memiriskan. Bencana demi bencana yang datang silih berganti, kasus-kasus korupsi, ketimpangan dan ketidakadilan, serta penyalahgunaan wewenang seakan menjadi hal biasa dalam kehidupan bangsa ini. Karena itu, majalah Masjid Kita edisi kali ini menyajikan Mimbar Utama dengan tema “Kembali ke Masjid: Selamatkan Akhlak Bangsa”. Tentu saja, tulisan ini tidak dinawaitukan untuk menasihati atau bahkan menggurui, melainkan dimaksudkan sebagai urun rembuk agar bangsa Indonesia tidak semakin terpuruk.

Selain itu, majalah Masjid Kita edisi kali ini tampil dengan perwajahan dan rubrikasi yang baru. Hal ini dimaksudkan untuk mengakomodasi masukan yang diberikan oleh berbagai pihak. Dengan perwajahan yang baru ini, diharapkan tampilan majalah Masjid Kita semakin elegan dan
lebih dimamis. Rubrikasi pun dibuat lebih sederhana untuk memudahkan pembaca dalam mencerna setiap informasi yang disampaikan.

Kami berharap, dengan tampilan yang baru ini, majalah Masjid Kita semakin dekat dan dicintai oleh pembaca yang budiman. Akhirulkalam, semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan hidayah-Nya agar majalah yang kita cintai ini dapat memberikan manfaat dan maslahat bagi kita semua.

Wassalamuaikum wr. wb.

Ilham Hanafie
Pemimpin Redaksi
< >
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih untuk kesediaannya bertandang dan sekedar mencoretkan beberapa jejak makna di blog ini. Sekali lagi terimakasih. Mohon maaf jika kami belum bisa melakukan yang sebaliknya pada saudara-saudari semua.

Get Update Article on FacebookX

Find Us on Facebook

Get Update Article on Google+X

Follow Us on Google+