Popular Posts

About Us

Majalah Islam dengan tag line Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat ini memiliki karakter media interaksi dalam membangun komunikasi >>

Arsip Blog

Pameran Peradaban Islam di Istanbul


Pameran peradaban dan kebudayaan Islam bertemakan 1001 Inovasi (1001 of Inovation) dibuka di komplek bundaran Masjid Sultan Ahmet di Istanbul pada Kamis (26/8). Pameran tersebut menampilkan produk-produk inovasi dari karya seni, teknologi, sains, dan sastra yang dihasilkan oleh peradaban Islam.

Ide untuk menggelar acara pameran ini datang dari Perdana Menteri Turki Recep Tayyep Erdogan yang pada bulan Maret lalu melakukan kunjungan kenegaraan ke London dan mengunjungi pameran terbuka di kota itu.

Pasca kunjungan tersebut, Erdogan lalu mengeluarkan instruksi untuk menggelar pameran besar-besaran bertemakan peradaban dan kebudayaan Islam, serta pengaruhnya terhadap renaissance Eropa dan sejarah kemanusiaan.

Selain itu, pameran peradaban Islam ini juga digelar untuk memeriahkan berbagai macam even kebudayaan di Istanbul yang pada tahun ini dinobatkan sebagai Ibu Kota Budaya Eropa.

Kawasan bundaran Sultan Ahmet di Istanbul telah menjadi semacam bundaran kebudayaan dan kesenian, sekaligus museum terbuka--selain sebagai tempat istirahat yang rindang dan nyaman. Bundaran yang berada di kompleks wisata Sultan Ahmet Camii, Hagia Sophia, dan Istana Topkapi itu Setiap pekan senantiasa menggelar pertunjukan kebudayan.

Menurut jadwal, pameran tersebut akan dibuka untuk umum sampai pekan pertama bulan Oktober mendatang, untuk kemudian kembali digelar di Amerika.

< >
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih untuk kesediaannya bertandang dan sekedar mencoretkan beberapa jejak makna di blog ini. Sekali lagi terimakasih. Mohon maaf jika kami belum bisa melakukan yang sebaliknya pada saudara-saudari semua.

Get Update Article on FacebookX

Find Us on Facebook

Get Update Article on Google+X

Follow Us on Google+