Popular Posts

About Us

Majalah Islam dengan tag line Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat ini memiliki karakter media interaksi dalam membangun komunikasi >>

Arsip Blog

Masjid Baiturrahmah


Masjid Baiturrahmah, dari depan masjid ini dipenuhi dengan berbagai aktifitas bisnis. Misalnya saja, poliklinik kesehatan dan Kantor Pembantu Bank Muamalat. Sementara di belakang masjid, nampak gedung sekolahan cukup megah yang mampu menampung ratusan siswa. Masjid Baiturrahmah yang dikelola oleh PCM Kramatjati ini juga memberikan fasilitas pendidikan untuk anak sekolah tingkat menengah ke atas, yaitu SMA Muhammadiyah 4 Jakarta.

Pada awalnya PCM Kramatjati belum punya masjid, yang ada hanya sebuah ruangan sempit yang digunakan sebagai Mushala untuk Shalat berjamaah baik untuk siswa, kar-yawan maupun masyarakat umum. Dari keprihatinan inilah dan dirasakan masyarakat akan pentingnya kenyamanan dan ketenangan dalam beribadah khususnya saat shalat berjamaah. Sekitar tahun 2001 Gedung Sekolah dan Ruang Mushala yang ada direnovasi . Gedung dibangun tiga lantai, lantai satu sebagian digunakan ruang kelas, sebagian juga dimanfaatkan sebagai ruangan serbaguna, juga poliklinik kesehatan, dan Kantor Pembantu Bank Muamalat.

Pembangunan masjid tidak serta merta lancar dan langsung jadi, tapi banyak mengalami kendala terutama dana. PCM dengan susah payah membangun gedung sekolah, sehingga pembangunan masjid sedikit mengalami gangguan, walau pembangunan terus berjalan tapi hanya berdasarkan kemampuan PCM dengan kekuatan seadanya, dana yang berhasil dihimpun dari masyarakat belum berhasil menyelesaikan pembangunan masjid , sehingga sempat teretunda beberapa tahun.

Sementara itu Pengurus Masjid Baitturrahmah, Mukhilla Khatib menuturkan bahwa panitia berusaha mengatasi ketertundaan pembangunan masjid dengan menjalin hubungan dengan beberapa donatur. “Alhamdulillah setelah melakukan pendekatan dengan beberapa donatur, dari pihak keluarga besar Mohammad Gobel tim yang dipimpin langsung Rahmat Gobel datang meninjau pembangunan masjid dan melanjutkan pembangunannya,” katanya.

Pembangunan Masjid Baiturrahmah menelan biaya milyaran rupiah. Adapun luas area masjid sekitar 500 M2, kapasitas hingga 1.000 jamaah. Bangunan utama untuk kegiatan jamaah, shalat dan pengajian-pengajian akbar, sementara serambi depan dimanfaatkan sebagai lapangan oleh raga untuk berbagai kegiatan, seperti futsal dan berbagai kegiatan lainya para siswa.

Kegiatan rutin masjid ini, di antaranya untuk pengajian-pengajian akbar, pengajian rutin di lingkup PCM dan Ranting Muhammadiyah di wilayah koordinasinya. Kegiatan lainya pihak PCM akan membentuk Korps Mubaligh di wilayah Jakarta Timur, “Harapan agar para mubaligh dapat menyatukan visi dan misi dalam bertugas mengemban amanah umat, tidak lagi membawa misinya masing-masing.” Hardjono.

< >
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih untuk kesediaannya bertandang dan sekedar mencoretkan beberapa jejak makna di blog ini. Sekali lagi terimakasih. Mohon maaf jika kami belum bisa melakukan yang sebaliknya pada saudara-saudari semua.

Get Update Article on FacebookX

Find Us on Facebook

Get Update Article on Google+X

Follow Us on Google+