Thursday, April 18, 2024

Filled Under: , , , ,

Masjid Lalbagh Fort

Share

Masjid ini memiliki tiga kubah, dan berukuran relatif kecil untuk ukuran yang besar, dengan tangki air untuk berwudhu di depannya. Masjid ini memiliki denah bujur sangkar berukuran 20,34 m × 10,21 m (66 ft 9 in × 33 ft 6 in) secara eksternal dan 16,36 m × 6,15 m (53 ft 8 in × 20 ft 2 in) secara internal.

Benteng Lalbagh adalah sebuah benteng di kota tua Dhaka, Bangladesh. Namanya diambil dari lingkungannya Lalbagh, yang artinya Taman Merah. Istilah Lalbagh mengacu pada arsitektur kemerahan dan merah muda dari zaman Mughal.

Benteng aslinya disebut Benteng Aurangabad. Pembangunannya dimulai oleh Pangeran Muhammad Azam Shah, yang merupakan putra Kaisar Aurangzeb dan calon kaisar Mughal sendiri. Setelah sang pangeran dipanggil kembali oleh ayahnya, pembangunan benteng diawasi oleh Shaista Khan.

Source ; wikipedia

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih untuk kesediaannya bertandang dan sekedar mencoretkan beberapa jejak makna di blog ini. Sekali lagi terimakasih. Mohon maaf jika kami belum bisa melakukan yang sebaliknya pada saudara-saudari semua.