Popular Posts

About Us

Majalah Islam dengan tag line Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat ini memiliki karakter media interaksi dalam membangun komunikasi >>

Arsip Blog

Masjid Noorda Kamal


Masjid paling utara di dunia.

Masjid Noorda Kamal adalah salah satu bangunan paling indah di kota Norilsk, Arktik. Masjid ini terdaftar dalam Guinness Book of Records sebagai masjid yang letaknya paling utara di dunia.

Disainnya sangat khusus, berbeda dari masjid lain di dunia. Maklum saja ini karena harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca dan iklim ekstrim di Far North (Utara Jauh).

Contohnya menara Norilsk. Bila di masjid lain bentunya bulat, menara Masjid Noorda Kamal persegi. Hal ini didasarkan fakta bahwa dengan membangun dinding seperti itu, batu bata tidak membeku dan lebih tahan terhadap beban angin.

Masjid ini dibangun oleh pengusaha Mithada Bikmeyeva, seorang etnis Tatar yang lahir di Norilsk. Masjid ini dinamai Noorda Kamal, untuk menghormati ayahnya Nuritdin dan ibunya, Gaynikamal.

Sumber; indonesia.rbth.com
< >
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih untuk kesediaannya bertandang dan sekedar mencoretkan beberapa jejak makna di blog ini. Sekali lagi terimakasih. Mohon maaf jika kami belum bisa melakukan yang sebaliknya pada saudara-saudari semua.

Get Update Article on FacebookX

Find Us on Facebook

Get Update Article on Google+X

Follow Us on Google+