Thursday, January 1, 2015

Filled Under: , , , , ,

Masjid Kul Sharif

Share

Setelah tiga kali penyerbuan pada awal abad ke-16, barulah tentara Rusia yang dipimpin oleh Grozny (Si Kejam Ivan) mampu menaklukkan Kazan, ibukota negara Islam Kazan Khanate. Menurut salah satu versi kisahnya, pasukan Ivan Grozny merampas dan membawa “Kazan Cap” – mahkota para Khan Kazan – dari Kazan ke Moskow. Menurut versi kedua, para pembuat perhiasan dari Khanate yang ditaklukkan membuat “mahkota” ini khusus untuk sang Tsar Rusia.

Bentuk “Kazan Cap” itu mengilhami arsitek utama masjid Kul Sharif di Kazan. Masjid didirikan di lokasi bekas menara masjid yang dihancurkan pasukan Ivan Grozny. Masjid ini dibuka untuk merayakan ulang tahun kota Kazan yang ke seribu dan merupakan salah satu masjid paling spektakuler di dunia menurut Huffington Post, The Wondrous, dan banyak lainnya.

Interior masjid dengan menara setinggi 52 meter ini mampu diisi 1.500 orang, Sementara 10 ribu orang lain ditampung di alun-alunnya. Pendanaan pembangunannya yang diperkirakan mencapai 400 juta rubel, sepenuhnya didapatkan dari sumbangan. Di aula utama masjid, ada buku-buku yang mencantumkan nama empat puluh ribu orang dan organisasi penyumbangnya.

Sumber; indonesia.rbth.com

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih untuk kesediaannya bertandang dan sekedar mencoretkan beberapa jejak makna di blog ini. Sekali lagi terimakasih. Mohon maaf jika kami belum bisa melakukan yang sebaliknya pada saudara-saudari semua.