Popular Posts

About Us

Majalah Islam dengan tag line Makmurkan Masjid, Berdayakan Umat ini memiliki karakter media interaksi dalam membangun komunikasi >>

Arsip Blog

Walikota Josrizal Resmikan Masjid


Pada Jum’at (6/8), menjadi hari bersejarah bagi Muslim Kelurahan Cubadak Air, Kecamatan Payakumbuh Utara. Hari itu, Mushalla Al-Muttaqin berubah status menjadi masjid, yang ditandai dengan shalat Jum’at perdana di rumah suci itu. Walikota H. Josrizal Zain usai meresmikan pemakaian masjid, bersama anggota DPD-RI Ir. Reza Pahlevi, MT, Kakandepag Payakumbuh, sejumlah pimpinan SKPD serta Camat Payakumbuh Utara Erwan, SIP ikut shalat Jum’at berjamaah dengan kaum muslim Cubadak Air.

Selama ini, di kelurahan berpenduduk sekitar 758 jiwa itu, memiliki dua mushola, satu di antaranya Al-Muttaqin yang naik pangkat jadi masjid. Kaum muslim Cubadak Air, untuk Jumatan, harus jauh-jauh pergi ke masjid kelurahan tetangga, ke Padang Kaduduk dan Nan Kodok.

Menurut Camat Erwan, pembangunan masjid ini sepenuhnya didanai jamaah setempat, yang sudah menelan biaya mendekati Rp 968 juta. H. Masni, pengusaha gambir, penduduk Cubadak Air, di antara donator terkuat dalam membangun prasarana peribadatan itu.

Sementara, bangunan Mushola Al-Muttaqin yang bersebelahan dengan masjid baru, menurut panitia pengurus masjid, akan dimanfaatkan untuk kegiatan TPA/MDA dan untuk kegiatan sosial lainnya. Masjid Al-Muttaqin, terletak di atas tanah seluas 537 meter, sebagian wakaf Hj. Irma dan sebagian dibeli warga. “Belum rampung 100%, dan masih banyak lagi bagian yang harus dibangun, tapi sambil berjalan, jemaah bertekad akan menyelesaikan bangunan ini dengan cepat,” ungkap Camat.

Walikota Payakumbuh H. Josrizal Zain, ketika memberi sambutannya, berharap, agar peningkatan status mushola menjadi masjid, diiringi dengan peningkatan keimanan dan ketaqwaan warga kepada Allah swt. Jelang puasa Ramadhan, menjadi momentum yang tepat dalam peresmian masjid, dan diharapkan membawa dampak positif dalam syiarnya agama Islam di tengah masyarakat.

Al-Muttaqin merupakan masjid ke-80 yang tersebar pada 76 kelurahan se-Kota Payakumbuh. Sementara itu, terjadi pengurangan satu mushola dari 358 menjadi 357 buah karena berubah status menjadi masjid.

< >
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih untuk kesediaannya bertandang dan sekedar mencoretkan beberapa jejak makna di blog ini. Sekali lagi terimakasih. Mohon maaf jika kami belum bisa melakukan yang sebaliknya pada saudara-saudari semua.

Get Update Article on FacebookX

Find Us on Facebook

Get Update Article on Google+X

Follow Us on Google+